Antara Mondok dan Sekolah, Sebuah Problema

Milih Mondok atau Sekolah?

Pagi ini saya sudah ceramah di sekolah, ini mengenai seorang anak yang tidak menginginkan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang SMP. Ayolah, lulusan SD mau jadi apa?

Dia lebih memilih mondok, dan tentu saja banyak juga anak-anak desa (atau kota sekalipun) yang terlalu kolot untuk mau bersekolah di sekolah yang mereka sebut “umum” dan lebih memilih untuk mondok untuk kehidupan akhirat mereka yang lebih baik.

Tapi masalahnya……………………… sebelum ke akhirat kalian mau tinggal dimana? Masa iya habis mondok langsung meninggal dunia dan tinggal di akhirat? Kan ga mungkin jeng! Banyak orang yang habis mondok itu masih hidup dan beberapa luntang luntung karena ga tau mau ngapain. Percaya ga ada anak alumni pondok yang nyopet dan ngerampok? Percaya saya karena kemaren baru diceritain mbah, hal-hal seperti itu kenapa coba? Ya, karena mereka ga punya life skill, mereka punyanya cuma agama skill which is ok, memang diperlukan, tapi kita hidup ga cuma butuh pengetahuan tentang agama kan? Kita hidup ini juga sangat memerlukan pengetahuan tentang bagaimana cara hidup wich is well known as life skill.

So, masih mikir kalo mondok itu lebih penting dari sekolah? Think it again!

 

Regards,

PrincessTatia

with Love and Peace

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *