Aspal Indonesia


Aspal Indonesia

 

Kenapa ya aspal di Indonesia cepat rusak? Cepat sekali lobang-lobangnya? Iri rasanya kalau liat film western yang jalannya lempeng mulus. What happen here?

Hm… beberapa bulan yang lalu saya bertemu dengan seseorang yang bekerja sebagai akuntan pemerintahan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Kata beliau sih apa yang ada di lapangan jauh pungguk dari api [benar tidak ya peribahasanya hehehe].

Apa yang dia tulis, ketika dia cek lagi di lapangan, jauh. Dan hal itu sulit diubah, meski dia berusaha merubah. Apalah daya dia hanya seorang pegawai kontrak? Hm… bahkan dia berniat untuk menjadi guru tk saja selepas kontraknya habis, meski gaji kecil tapi hidup tenang. See what?

Kata dia [yang maaf namanya saya lupa], pengecekan aspal itu missal tiap satu meter di cek. Nah, sama mereka itu sudah ditandain tiap meternya mana-mana saja yang akan di cek, nah di tempat-tempat itulah kualitas aspalnya disesuaikan dengan tender. Bagaimana dengan kilometer-kilometer lainnya? Ya…  pastinya kualitas jelek.

Korupsi? Ya, bukannya sudah mengakar? Belinya apa di nota apa? Toko di Indonesia juga gampang sekali member nota palsu, atau bahkan nota kosong? Mau apa mereka, memang rejekinya barokah? Barokah itu berbuah, bukan hanya berbuah uang tapi juga berbuah kebaikan, berbuah kepintaran pada anak-anaknya, berbuah akhlak yang luhur, berbuah hal-hal yang baik-baik.

Kembali ke aspal. Di tempat saya tinggal dulu Perum EMOMI yang sekarang telah berubah nama menjadi Perum EMOMI karena ganti pemilik [kalau tidak salah]. Aspal bisa bertahan 5 tahun, daya tahan lima tahun itu meskipun dalam masa 5 tahun jalan masih bagus-bagus saja tetap saja di aspal secara berkala 5 tahun sekali. Kalau kita? Lobang parah saja menunggu presiden datang baru di Perbaiki. Presiden yang datang ke Pacitan itu loh [kalau ga salah].

Lihat potret negara kita, siapa yang bisa merubah?

 

by PrincessTatia

with Love and Peace

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*