Fakta di Iklan Nutrisari, Memalukan!

Foto Produk Nutrisari

 

 

27 January 2012 | 04:55 Dibaca: 715 Komentar: 13 1 inspiratif

 

Sembilan dari sepuluh orang di Indonesia kekurangan buah dan sayur. How come?

Kita hidup di daerah tropis, daerah yang kaya akan buah dan sayur. Buang biji tumbuh tanaman, buang dahan tumbuh pohon (dahan ketela pohon). Hm… fakta yang sangat kontras? (Meski ada beberapa pengecualian di beberapa daerah)

Yang kita perlu pikirkan disini adalah kenapa ada fakta yang sangat memalukan tersebut? Apa karena kita tidak suka buah dan sayur? Atau karena kita tidak mampu membeli buah dan sayur?

Untuk alasan yang pertama pemecahan masalahnya bisa dengan sosialisasi bagaimana pentingnya buah dan sayur bagi tubuh kita. Apa manfaat yang bisa kita dapatkan jika memakannya dan apa masalah yang akan timbul jika tidak/kurang memakan buah dan sayur.

Sedangkan untuk alasan yang kedua, pemecahan masalahnya cukup pelik. Kalau memang itu alasan yang sebenarnya, nyatalah betapa tidak manusiawi gaji yang kita terima di Indonesia ini. Gaji yang manusiawi itu dalam artian bisa provide our basic needs, sandang, pangan, papan, pelayanan kesehatan, hiburan.

Dengan gaji yang cukup seharusnya seseorang bisa makan empat sehat lima sempurkan, kan? Bukan malah makan mi instan setiap hari. (Meski ini terdengar ekstrem, tapi ada orang-orang yang memang bertahan dengan bahan makanan itu). Makan mi sebenarnya tidak dilarang, tapi hal yang berlebihan juga bisa merusak kesehatan, kan? Teman saya dulu ada yang dioprasi usus buntu karena masalah mi ini.

Ketika pemilik suatu usaha bisa memberi anaknya 5 macam buah dalam satu hari, dan karyawannya tidak bisa memberi buah satupun pada anaknya, ini kan suatu masalah? Kesenjangan sosial kita sudah terlalu parah.

Apa solusinya? Kenaikan gaji? Kenaikan gaji percuma juga kalau harga sembakonya ikut naik. Kebanyakan pedagang di Indonesia greedy sih. Kenapa kita tidak memilih untuk menjadi orang yang baik saja? Yang menjual dengan harga yang pantas, toh uang banyak-banyak untuk apa? Lebih itu cenderung tidak baik untuk diri kita kalau kita tidak bisa memanage uang dan diri kita pribadi. Yang paling baik itu memang cukup, tapi beranikah kita berkata “Ok, ini sudah cukup.”

 

PrincessTatia

My Oppinion Could be Right, Could be Wrong…

 

 

27 January 2012 05:31:05

Apakah itu benar2 fakta???

Laporkan Komentar
[suka]
0
Balas
Cucu Caswati
27 January 2012 05:46:14

Makasih princess, inspiratif sekali tulisanmu…..terutama bab terahirnya…hehehe

Baby Massage

Laporkan Komentar
[suka]
0
Balas
Henri Kusuma
22 September 2012 07:54:44

pasti mengharap kenaikan gaji ckckck

Laporkan Komentar
[suka]
0
Balas
Princess Tatia
27 January 2012 08:24:35

gak jelas. Kekurangan itu karena stoknya yang tidak ada, ataukah karena orangnya yang tidak mau makan buah & sayur?

Laporkan Komentar
[suka]
0
Balas
White Journalist
22 September 2012 07:55:36

ada tapi mahal, atau yang murah tapi tak terjamah, atau malas dan bisa saja tidak mau, banyak hal sebenarnya. Its depen on each person…

Laporkan Komentar
[suka]
0
Balas
Princess Tatia
27 January 2012 08:28:35

Sayur dan buah di Indonesia bisa mahal karena melewati jalur distribusi yang tidak efisien.
Petani dibebani biaya pupuk yang mahal.

Laporkan Komentar
[suka]
0
Balas
Eka Putra
22 September 2012 07:55:46

masuk akal

Laporkan Komentar
[suka]
0
Balas
Princess Tatia
27 January 2012 11:08:55

hmmmm….. pengamat iklan yg top nih….

tp banyak juga yg kekurangan buah n sayur karna ga doyan begituan, maunya fast food. tergantung mau lihat dr mana dulu.. kalo nilai ekonomi, gini aja mikirnya: beli buah atau sayur aja ga bisa, malah mesti beli nutrisari..mending buat beli sayur dapet seiket…hehhe

Laporkan Komentar
[suka]
0
Balas
Cyntia Margareth
22 September 2012 07:57:06

hehehe…
buah dan sayur bisa dibuat seperti fast food kalau di resto vegetarian

untuk sayur seiket, bener banget yah ckckck

Laporkan Komentar
[suka]
0
Balas
Princess Tatia
27 January 2012 12:29:24

Kalo di tinggal di desa lebih gampang. Ada pisang, nanas, jambu yang ditanam di kebun atau di halaman. Buah/sayur kan gak mesti kaya yang di iklan Nutrisari ( Anggur, buah naga, brokoli). Buah di Indonesia berlimpah kok, herannya di sinetron, di iklan yang ditampilin buah impor semua..

———-

Yup benar, kegemaran akan produk dalam negri perlu ditingkatkan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *