Mau Jadi Orang Miskin Ga Gan?



Langsung aja ke topik ya gan. mau ga jadi orang miskin? Pasti banyak yang bilang ga mau deh.

Padahal dalam setiap hal itu ada sisi positif dan negatifnya loh. Jadi orang miskin juga gitu, ada positif ada negatifnya. Kalo negatifnya pasti udah banyak yang tau, makanya disini ane mau sedikit jabarin sisi positifnya.

Sisi positif 1 dan yang menurut ane penting, kita jadi tau mana orang baik dan mana yang ga. Kalo ketika kita kaya biasanya banyak orang jahat yang pake topeng baik untuk ngedapetin beberapa benefit dari diri kita. Ketika kita miskin, ga bakalan dia pake topeng, jahat ya jahat aja. Dapet benefit apa coba dia kalo pake topeng di depan kita, duit juga ga punya. Dan agan agan bakalan bisa ngeliat gimana sulitnya nyari orang yg pure baik, dan gimana busuknya topeng orang baik yang orang jahat pakai. Dan meski ga ada orang yg devil 100 persen atau angel 100 persen. Tapi tetep aja, melihat orang yang dimata kita baik selama bertahun tahun menjadi jahat itu rasanya agak aneh.

Positif yang kedua, kita bakalan bersyukur. Karena idup kita dulu ternyata ga buruk buruk amat. Selalu ada yang lebih buruk, selain fakta bahwa selalu ada yang lebih baik.

Positif 2, lebih diam dan tidak sombong. Ketika kita miskin memangnya apa yang bisa kita bangga banggakan? Yang bisa kita sombong sombongkan? Sombong kalo ada mending, sombong kalo ga ada? Parah. Dan seperti pepatah bahwa diam itu emas. Menjadi orang yang lebih banyak diam itu baik menurut ane. Meski ga semua orang miskin kaya gini, tapi buat orang miskin yang mikir pasti dia kaya gini (lebih pendiem, ga banyak omong). Btw, kadang kita secara ga sadar juga sombongnya. Menurut kita biasa aja, menurut kita ngomong kalo kita baru liburan ke luar negeri biasa aja, menurut kita ngomong kalo kita baru diving seharian biasa aja. Tapi itu bisa dianggap sombong loh kalo kita ngomongnya sama anak tukang becak, atau siapapun orang yang ga mampu ngelakuin itu. Serius. Dan banyak juga contoh lainnya kalo mau dicari.

jadi miskin juga mengajarkan kita untuk nerima keadaan. Ya mau gimana lagi coba? Orang adanya itu doank. Ketika adanya tempe ya nerima, ketika adanya ayam ya nerima, ketika adanya sayur ya nerima. Ga bakalan bilang “yah, ayam goreng lagi”, ga bakalam bilang “ya, cari makan diluar yuk. Mama masak sayur doank.” dan semacamnya.

Hm…. Begitulah kira kira sedikit sisi positif yang kita dapat kalau kita jadi miskin.

Tapi lebih baik ga nunggu dimiskinin baru bisa belajar semua itu, percaya deh jadi orang miskin itu ga enak

Facebook Comments

Comments

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *