Sekolah, Sebuah Permasalahan



Belajar itu dimanapun, kapanpun, dalam kondisi bagaimanapun. Jembatan “Indiana Jones” ala Indonesia yang sedang heboh sekarang ini menyiratkan anak-anak didaerah itu willing to learn-nya tinggi. Tapi di sisi lain, kemaren saya dengar ucapan dari seorang anak di Jakarta yang berkata sekolah itu percuma, dia berhenti sekolah seusai SMP dengan alasan terlanjur bandel.

Memang bandel ga boleh? Bolehlah… anak kecil ga bandel ya ga afdol. Tapi sebandel-bandelnya mereka, seharusnya mereka masih berfikir bahwa sekolah itu perlu, it’s important and its need to be done. Bapak yang sekarang menjadi supir perusahaan di tempat saya bekerja juga berkata bahwa dia “Nyesel ga nyesel” karena dulu bandel di sekolah.

Kalau menurut saya pribadi, bandel boleh, it just a kind of pleasure for teenager,right? Tapi mindset mereka harus di rubah, mindset tentang how important a study is. Kalau sekolah itu bisa membuat kamu begini begini begini, kalau dengan menyelesaikan study itu benefitnya begini begini begini, kalau kamu bolos terus-terusan dampaknya begini begini begini. Begini begini begini itu bukan hanya dalam short term period of time saja, tapi long termn-ya juga dikasih.

Bolos nanti nilai ulangannya jelek, ah semua murid juga tau itu. Tapi masalahnya lagi banyak kok anak yang bolos dan bandel tapi nilai sekolahnya tetap bagus. Mereka rata-rata murid yang terlalu pintar untuk sekedar diajarkan pelajaran yang itu-itu saja, yang ada di buku pelajaran mereka dan bisa mereka pelajari sendiri. Disinilah percepatan dibutuhkan. Ok, untuk sekolah-sekolah yang bonafit memang sudah ada jalur ekstensi, tapi untuk sekolah yang lain?

Orang pintar cenderung malas kalau dia sudah menguasai suatu bab, tapi bab itu terus saja diajarkan. Dia mau setelah dia bisa, segera saja pindah ke bab lain, lalu ke bab lainnya lagi, naik kelas, lulus, selesai. Yah, in my humble oppinion sih.

Ada banyak hal yang perlu di rombak sih intinya. Kita butuh Restorasi, iya ga sih ?

by PrincessTatia
witl Love and Peace
26 January 2012 | 05:52

Facebook Comments

Comments

    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*