Agan Punya Masalah? [Sedikit Pencerahan]

Agan lagi punya masalah? Lagi nangis-nangis darah? Lagi pusing ga karuan? Atau malah pengen mati?

Tapi asal agan tau aja, tiap manusia yang hidup di dunia ini pasti ditakdirkan mempunyai masalah. Kalo ga mau punya masalah yaudah berenti aja jadi manusia dan ngelamar jadi malaikat sono 

He… becanda.. abisnya kena masalah sedikit aja udah lebay kaya gitu  he… tapi beneran deh, tau ga sih kalau di luar sana tuh ada yang lebih berhak nangis-nangis darah, ada yang lebih berhak bunuh diri dariapada agan? Mereka itu yang pagi bisa makan tapi siang ga tau mau makan apa. Mereka itu anak-anak sebatang kara yang ga punya ibu dan ayah, mereka itu orang-orang yang gak punya tempat untuk berteduh. Mungkin sekrang tidur di taman samping kali ciliwung [emang ada ya ] tapi besok ga tau mau tidur dimana lagi [karna abis diusir tantib kali ya?]
Jadi apa kita ga malu dari mereka? Kalo kita nangis-nangis darah apa kita ga malu ama mereka?

Sekarang udah malu kan ama mereka? Udah berenti kan nangis nangis darahnya ?, sip deh kalau gitu lanjuuuuut………….

Lanjut ke Tuhan kita yang Maha Adil, Dia tidak akan member masalah yang gak bisa kita selesaiin. Beneran deh tiap masalah itu pasti bisa kita selesein, ga boong gw. Pernah denger ga kisah para Nabi? Mereka semua bisa ngelesein masalah mereka. Kita kan bukan nabi? Ok deh gw persempit ke keadaan masa sekarang aja. Malah lebih gwpersempit lagi ke trit h2h di kaskus aja deh. Liat deh trit yang dulu-dulu, kallo tsnya ga males kan biasanya kalo udah ada penyelesaiannya diedit duh di bawahnya. [biasanya ditulis case closed]

Tuh kan case closed, COSED-Ditutup [karna udah kelar] Jadi tenang aja seribet-ribetnya masalah kita sekarang pasti bakalan kelar kok. Itu kalo kita mau usaha. Ga mau usaha dan pengen tiba-tiba jreng masalah kelar gitu aja . Ye… enak amat kucing di rumah gw aja mesti ngeong-ngeong dulu baru gw kasih makan [kok kayaknya gw jahat banget ya ] Ya gitulah, segala sesuatu butuh effort, ortu kita kerja akhirnya dapet duit, kita belajar akhirnya bisa juara satu [satu ditambah….. ], adek kita belajar [baca:usaha] buat jalan akhirnya bisa lari, Nah lo! Bahkan kalo kita usaha kadang usaha yang kita lakuin itu menghasilkan hal yang lebih besar dari yang kita harepin. Maka nikmat Tuhan yang manakah yang kamu dustakan?

Bicara tentangg selesainya suatu masalah, kita ga bisa lepas gitu aja tanpa doa. Tuhan telah berfirman
“Berdoalah padaku, niscaya akan Kuperkenankan doamu.”
Well, mungkin bakalan ada yang bisik-bisik [atau bahkan teriak?] Gw udah doa woy, tapi masalah gw tetep aja ga kelar-kelar. Hihihi, doa tanpa usaha sama aja boong noooon………. Lu piker bis agitu masalah kelar dengan lu cumin ngendon di gereja utawa mesjid semalem suntuk buat berdoa? Lu piker masalah bisa kelar dengan lu nangis-nangis darah pas lagi bedoa? Ga, sama sekali ga. Lu butuh usaha noon…. Balik ke poin sebelumnya tentang usaha, silahkan diliat lagi [kalo ga malessih , pengen masalah kelar kok males ___________________]

Ok, jadi usaha udah, doa juga udah, nah nih masalah belon kelar juga, ada apa gerangan? Instropeksi diri jawabannya. Beneran kita doa tapi kabelnya ga nyampe ke Tuhan gimana? Mungkin [mungkin nih] karena kita banyak dosanya. Bayangin aja ada berjuta juta orang yang berdoa ke Tuhan. Ada yang suci dari dosa dan ada beberapa yang berlumuran dosa. Nah kalo lu jadi Tuhan lu milih ngabulin doanya siapa  Jadi jangan protes ya kalo doa kita belum dikabulkan karena kitanya belum MENSUCIKAN DIRI 

Tapi abis masalah kelar jangan kelar juga ya mensucikan dirinya. Bukannya kita ngeboongin Tuhan kalau cuman mendekat waktu ada masalah doank? Ih, ketauan banget jeleknya tabiat kita. Yang continue donk kalau mau mendekat, bukannya kalau kita mendekat dengan merangkak mata Tuhan akan mendekat pada kita dengan berjalan, bukannya kalau kita mendekat dengan berjalan maka Tuhan akan mendekat pada kita dengan berlari? Jadi kurang apa lagi? Tuhan udah segitunya ama kita, nah kita? Ga malu apa sama Tuhan? Kok kayak anak kecil aja kalo ada maunya ngebaik-baikin ortu, kalo ga ada maunya bentak-bentak , masa mau disamain sama anak kecil 

Btw, masalah juga bisa jadi bekal loh buat kita untuk berjalan ke depannya. Pernah dengar kan makin banyak masalah makin dewasa ia. Tapi beneran deh, ini ga boongan. Pernah denger kisah sukses orang-orang besar ga? Sebagian dari mereka pernah jatuh loh, ya jatuh sejatuh-jatuhnya. Ada yang pernah jualan di depan pelataran mesjid, ada yang jadi rukang bakso keliling, ada yang dipenjara, ada yang macem-macemlah pokoknya, intinya mereka pernah jatuh sebelum bangkit. Yaiyalah, kit a butuh tau rasanya sakit dulu kan biar tau rasanya enak itu gimana? Iya kan? Kalau seumur idup kita enak melulu, mana tau kita kalo yang kita rasain itu namanya enak. Paling paling juga pada bilang “Perasaan biasa aja deh” :
Oia, masalah juga buat jaminan kita masuk surga lo. Lo kok nyampe ke surga segala? He… biarin, biar lengkap pembahasannya Penah denger ga ada firman Tuhan yang bunyinya “Apakah kamu kira kamu akan masuk surga padahal belum datang ujian pada kamu sebagaimana orang-orang sebelum kamu?” Jadi udah jelas banget kan kalo kita mau masuk surga ya di uji dulu, jangankan mau masuk surga, mau masuk PTN aja diuji, masuk PTS juga diuji, jangankan ptn ma pts, masuk sd aja sekrang diuji *fiuh . Jadi beneran mau masuk surga? Tanpa ujian? Ngimpi kali ye …… 

Hm… trus apalagi ya [pikiran lagi mentok nih, hihihihi] Oia azab, hi… azab… nakutin banget bahasanya. He… iya, ga semua cobaan yang kita dapetin itu ternyata ujian loh [ujian buat naik tingkat atau ujian buat masuk surga]. Tapi ada juga yang ternyata azab. Nah lo pada tau azab ga nih?  Azab tuh hal buruk yang Tuhan timpain ke kita karena dosa-dosa yang kita perbuat. Bahasa kasarnya sih Tuhan marah sama kita, tapi ga tepat juga sih mana mau Tuhan marah sama kita yang bukan siapa-siapa ini? Orang makhluk yang Tuhan punya itu ada banyak, ada malaikat yang selalu beribadah kepadaNya, ada jin, ada binatang-binatang juga, yah ngapain Tuhan pake ada acara marah segala sama kita? Ga penting banget kan? Tapi syukurnya Tuhan itu sayang sama hambanya, masih sayang sama kita jadi kita itu diingetin [catet: diingetin bukan marah] Yah, Tuhan sayang sama kita jadi kita diingetin, yaiyalah tandanya sayang itu ngingetin, gimana enggak kalau ga sayang ngapain ngingetin. Inget ortu kita kalau kita salah kita dibilangin? kalo tetep ga bisa dibilangin dihukum? Dihukum yang artinya diingetin kalo perbuatan kita itu salah dan jangan dilakuin lagi? Begitu juga Tuhan, Tuhan ngehukum kita itu karena Tuhan mau ngingetin kita buat jangan ngelakuin hal buruk lagi. Bukannya seharusnya kita berterimakasih kepadaNya karena sudah diingatkan lalu langsung kembali padaNya? Betapa meruginya kita jika setelah diingatkan oleh Tuhan malah semakin jauh berpaling? Dengan dalih udah kecebur, nyemplung aja sekalian? Heh? Lu mau nyeblung di aer comberan trus nyemplung sekalian? Mati sekalian di dalemnya? Itulah perumpamaan kalau kita masuk ke lubang dosa, kita tuh nyemplungnya bukan di kolam renang yang high class, tapi di comberan penuh lumpur dan menjijikkan, masih tetap mau stay disana hah?
Kalau ga mau ya udah cepet atuh keluar, masih banyak tempat bersih yang kosong untuk ditinggali.

“Maka bertaubatlah, sesungguhnya Tuhan
menyukai hambanya yang bertaubat lagi menyucikan diri.”

Jadi tunggu apalagi? Tobat sono ____________________________________

 

by PrincessTatia

Facebook Comments

Comments

  1. Post
    Author
    1. Post
      Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *